Diet Vegetarian Yang Benar dan Apa Saja Efek sampingnya










Diet Vegetarian Yang Benar dan Apa Saja Efek sampingnya - Mungkin pembaca sudah pada tahu banyak tentang diet, salah satunya adalah diet vegetarian. Dalam hal ini penulis hanya inginmembahas salah satu dari berbagai jenis diet yaitu Diet Vegetarian. Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya kita harus tahu apa sih diet vegetarian itu. Secara umum diet vegetarian adalah diet yang dilakukan hanya memakan berbagai jenis sayuran dan buah.

Bagaimana lantas para dieter ini memenuhi kebutuhan proteinya? Tentu saja protein bagi tubuh sangat penting sehingga para dieter ini memenuhi kebutuhan protein dengan mengkonsumsi jenis kacang kacangan, ada juga yang membolehkan dengan minum olahan susu seperti keju dan yogurt.

Bagi para dieter biasanya membolehkan mengkonsumsi produk hewani hanya susu saja yang bisa digunakan untuk diet. Kemudian selain dari itu tidak di bolehkan, sebagai contoh telur dan daging. Jika anda tetap memakan sumber hewani yang berupa telur dan daging, maka diet anda bisa dikatakan tidak sempurna atau gagal.

Diet Vegetarian ini apabila dilakukan dengan konsisten dan memenuhi atauran aturan diet yang dilakukan maka anda akan mendapat manfaat yang cukup bagi kesehatan tubuh anda. Diantaranya adalah sebagai berikut :


  1. Dapat menjaga kesehatan jantung kita

Ada beberapa keuntungan bagi seseorang yang melakukan diet vegetarian terutama yang berhubungan dengan jantung yaitu tekanan darah akan lebih stabil, dimana kita tahu bahwa apabila kita banyak mengkonsumsi daging merah maka tekanan darah kita cenderung akan naik.

Manfaat berikutnya bagi yang melakukan diet vegetarian adalah dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah kita, apabila didalam darah kita banyak terjadi penumpukan kolesterol maka bahaya yang akan di dapatkan adalah tersumbatnya aliran pembuluh darah sehingga dapat berdampak serangan jantung karena aliran darah ke jantung tersumbat.


Baca juga : 5 diet cepat dan alami

  

  2. Gula darah akan lebih terkontrol

Manfaat dari diet vegetarian berikutnya yaitu dapat mengkontrol kadar gula darah dalamtubuh kita. Sebagaimana kita tahu bahwa kadar gula yang tinggi di tubuh kita akan memicu terjadinya penyakit diabetes. Diet vegetarian bisa mengurangi resiko diabetes tingkat 2 sebesar 30%, dibanding bagi mereka yang tidak melakukan diet vegetarian.


  3. Mengurangi Obesitas atau kegemukan

Pada dasarnya orang yang melakukan diet pasti menginginkan berat badanya turun atau menjadi lebih ideal. Akan demikian bahwa berat badan yang berlebih dapat juga menimbulkan gangguan pada organ organ tubuh kita. Dengan melakukan diet vegetarian maka berat badan akan cepat menurun dan tubuh juga akan lebih sehat.


  4. Dapat Mencegah Kanker

Berdasarkan berbagai sumber bahwa diet vegetarian dapat mengurangi resiko kanker tertentu, karena yang kita makan adalah sayuran dan buah buahan. Dimana kita tahu bahwa sayuran dan buahan kaya akan vitamin dan antioksidan. antioksidan merupakan penangkal radikal bebas didalam tubuh kita.


Disamping manfaat yang didapat dari diet vegetarian jangan salah kalau diet ini juga mempunyai efek samping diantaranya adalah tubuh kita bisa mengalami kekurangan nutrisi. Dimana kita tahu bahwa tubuh kita juga membutuhkan mineral dan protein serta vit b1 yang didapat dari olahan hewani. Untuk itu disamping makan buah dan sayur mungkin bisa ditambahkan minum multivitamin agar tubuh tidak mengalami penurunan nutrisi.


Dibawah ini daftar makanan yang bisa dikonsumsi saat diet vegetarian :

- Sayur sayuran

- Segala macam jenis buah buahan

- Olahan susu

- Minyak kelapa

- Minyak zaitun

- Biji bijian

- Kacang kacangan


Kemudian makanan yang tidak dianjurkan :

- Daging dagingan beserta olahanya, dan makanan yang mengandung tinngi karbo

Selamat mencoba dan semoga berhasil...


Postingan yang paling dicari :

  • menu diet vegetarian sederhana
  • diet vegetarian 7 hari
  • diet vegetarian pdf
  • jurnal diet vegetarian
  • jenis diet vegetarian
  • kelebihan diet vegetarian
  • menu diet vegetarian selama seminggu
  • vegetarian adalah