7 Manfaat batang sereh untuk kesehatan tubuh kita

7 Manfaat batang sereh untuk kesehatan tubuh kita,Seringkali kita mendengar apa itu yang namanya batang sereh, namun kita juga belum tahu apa manfaat sebenarnya apa yang terkandung di dalamnya.

Kita hanya sebatas tahu bahwa batang sereh hanya untuk masak memasak saja. Untuk itu dalam tulisan kali ini penulis akan mengupas tuntas 10 manfaat batang sereh bagi kesehatan tubuh kita.


https://www.kompas.com/











Inilah beberapa manfaat batang sereh yang di cukil dari beberapa rekomendasi yang dapat dipertanggungjawabkan :


1. Batang sereh dapat membantu mengatasi infeksi pada mulut dan gigi yang berlobang.

7 kegunaan batang sereh untuk kesehatan tubuh kita yang ke satu adalah bahwa sereh dapat mengurangi masalah yang ada pada mulut kita, sebagai contoh infeksi mulut dan gigi berlobang.

Kenapa sereh dapat membantu mengatasi masalah masalah yang ada pada mulut kita karen sereh mengandung senyawa antimikroba yang bisa mengatasi bakteri bakteri yang ada didalam mulut dan gigi.


2. Manfaat Sereh yang ke dua adalah dapat untuk memperbaiki saluran pencernaan

7 manfaat sereh untuk kesehatan tubuh kita berikutnya adalah untuk menjaga saluran pencernaan kita. Sebagaimana kita ketahui bahwa banyak diantara kita yang mengalami gangguan saluran pencernaan, 

untuk itu penulis sarankan untuk mengkonsumsi rebusan batang sereh. Manfaat rebusan sereh dapat mengatasi rasa nyeri di perut, perut kram dan masalah gangguan pencernaan yang lainya.


Baca juga : 7 cara menjaga kesehatan ginjal yang efektif


3. Kemudian manfaat berikutnya adalah untuk menjaga kestabilan tekanan darah

Apabila tekanan darah anda kurang stabil alangkah baiknya anda minum rebusan batang sereh, karena kandungan di dalam sereh terdapat kalium yang cukup banyak. Hal ini 

dapat memacu untuk sering mengeluarkan air kencing, dengan seringnya anda mengeluarkan air kencing maka tekanan darah anda akan terkontrol.

Namun demikian sereh juga memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebih, yaitu dapat menaika tekanan darah dan menurunkan detak jantung. Untuk itu penulis sarankan apabila anda mempunyai riwayat jantung agar membatasi konsumsi sereh.


4. Dengan minum sereh dapat mengontrol kolesteroldalam darah

7 manfaat sereh untuk kesehatan tubuh kita berikutnya adalah sereh bisa mengendalikan atau mengontrol kolesterol yang ada dalam darah kita. Apa yang terdapat dalam rebusan dalam sereh bisa menjaga dan memperlancar aliran darah, fungsi hati dapat terjaga, dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam tubuh kita.


5. Menjaga tubuh agar tetap vit

Nah, ternyata kandungan vitamin C yang ada dalam sereh cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh kita. Sereh juga diduga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh kita.


6. Bisa berguna untuk mengurangi berat badan yang berlebih

Manfaat sereh untuk kesehatan tubuh kita berikutnya adalah untuk mengurangi berat badan yang mempunyai badan obesitas. Sereh ini bisa digunakan minuman sebagai pengganti teh, fungsi sereh ini untuk mengeluarkan racun yang ada ditubuh  kita dan untuk membantu proses metabolisme dan mengurangi berat badan.

Agar manfaat minum sereh maksimal maka anda juga melakukan diet dan jaga pola makan. Dan sebaiknya anda minum sereh tanpa gula, dan sebisa mungkin hindari minuman yang manis manis agar berat badan anda bisa turun dengan maksimal.


7. Dapat membantu mencegah peradangan

Tahukah anda bahwa peradangan yang kita alami dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang cukup serius, sebagai contoh gangguan jantung dan stroke. Kandungan senyawa dalam sereh diklaim dapat menghentikan peradangan ditubuh kita.


Tips cara mengkonsumsi sereh :

Anda dapat memotong sereh kecil kecil kemudian siram dengan air panas didalam gelas, kemudian biarkan sampai hangat baru bisa di minum. 

Anda dapat minum air sereh 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.