Cara Memilih Sayuran Yang Sehat










Cara Memilih Sayuran Yang Sehat - Mempunyai tubuh yang kuat dan tidak sakit sakitan atau sehat merupakan idaman bagi kita semua. Memang tidak gampang untuk memiliki tubuh yang ideal dan sehat, kita perlu memperjuangkanya yaitu dengan cara kita harus mempunyai pola hidup yang sehat, olahraga yang teratur dan tentunya pola makanan yang memadai. Asupan makanan yang kita perlukan harus memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna.

Untuk mempunyai tubuh yang ideal, bugar dan sehat kita harus mengkonsumsi makan makanan yang sehat pula, yaitu makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang cukup bagi tubuh kita. Tidak terkecuali asupan sayuran yang kita butuhkan, kita harus mengkonsumsi sayuaran yang sehat, yang masih segar dan tidak mengandung bahan bahan berbahaya.

Cara memilih sayuran yang sehat, mendapatkan sayuran yang masih segar dan sehat adalah sangat perlu kita lakukan agar tidak membahayakan bagi tubuh kita. Anda tidak perlu risau bagaimana memilih sayuran yang segar dan sehat tentunya. Berikut ini adalah tips tips mendapatkan sayuran yang segar dan sehat:


Pertama : Warna sayuran

Jika anda akan membeli sayuran alangkah baiknya perhatikan dulu warna dari sayuran tersebut, apakah warnanya masih segar dan tidak berubah maka bisa dipastikan sayuran tersebut masih baik untuk dikonsumsi. Apabila warnanya sudah berubah apalagi sudah kusam maka jangan kita beli sayuran tersebut. Ada kemungkinan sayuran tersebut sudah tidak enak untuk dikonsumsi dan bahkan nutrisi dan vitamin juga sudah mulai berkurang.


Baca juga : manfaat kunyit asem untuk mengatasi masalah hepatitis


Kedua : Tidak layu terutama sayuran yang berdaun

Cara memilih sayuran yang sehat berikutnya adalah sayuran tersebut tidak layu, terutama bagi sayuran yang berdaun. Contoh sayuran berdaun adalah bayam, sawi, kangkung dan lain sebagainya. Perhatikan jika anda memilih sayuran tersebut pastikan sayuran tersebut tidak layu bahkan sudah mulai menguning. Sayuran yang sudah layu dan warnanya sudah mulai menguning menandakan sayuran tersebut sudak tidak layak konsumsi, dan kandungan nutrisinya juga sudah mulai hilang. Maka dari itu sekali lagi perhatikan lagi jika anda membeli sayuran.


Ketiga : Bebas pestisida

Sebagai orang awam pasti kita mengira bahwa sayuran yang bagus adalah sayuran yang hijau segar dan mulus atau tidak ada lubang lubangnya. Ternyata anggapan kita selama ini adalah salah, bahwa sayuran yang bagus itu disamping hijau segar dan masih ada lubang lubangnya. Kalau sayur yang mulus itu tandanya bahwa hama yang ada di daun sayuran tersebut itu mati karena habis disemprot pakai pestisida. Bayangkan saja apabila kita mengkonsumsi sayuran yang ada pestisidanya, tentu sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh kita.


Keempat : Belum dicuci

Cara memilih sayuran yang sehat berikutnya adalah cari sayuran yang belum dicuci leh penjualnya. Hal ini disebabkan kalua sayur belum dicuci itu masi kelihatan segar dan tidak mudah layu. Dan sebaliknya apabila sayuran sudah dicuci maka sayuran tersebut akan mudah layu dan membusuk. Dan sayuran yang belum dicuci maka kandungan airnya masih tetap terjaga.


Kelima : Tidak keriput

Kemudian cara berikutnya adalah apabila anda belanja sayuran yang berupa umbian, sebagai contoh : kentang, wortel, bawang bawangan. Maka pilihlah sayur tersebut yang teksturnya masih keras, ttidak keriput, tidak berubah warna dan tidak bertunas.


Keenam : Teksturnya tidak lunak dan tidak berbaunya.

Cara memilih sayuran yang sehat beerikutnya adalah jika anda memilih sayuran buah seperti teron, timun, tomat, paprika dan lain lainya maka cukup dilihat posturnya atau bentuknya yang masih utuh. Pastikan tidak berbau tidak lembek dan warnanya masih segar.


Ketujuh : Waktu dipagi hari lebih tepat untuk membeli sayuran

Kenapa kita kebanyakan belanja sayuran diwaktu pagi, yang pasti sayuran baru dipanen atau dipetik jadi kondisi sayuranmasih segar. Dan biasanya sayuran juga akan langsung di masak, apabila belanja siang atau sore biasanya sayuran sudah tampak mulai layu dan keriput.


Baca juga : menurunkan berat badan dengan jalan kaki


Disamping cara memilih sayuran yang sehat alangkah baiknya anda mengikuti tips tips cara menyimpan sayuran agar nampak sehat dan segar :

  • Alangkah baiknya di cucui dari kotoran dan tanah sebelum dimasukan ke kulkas.
  • Simpan dengan tempat yang tertutup seperti kantong plastik.
  • Jangan menyimpan buah dan sayuran ditempat yang sama.
  • Pisahkan dengan daging dan ikan agar sayuran tidak kecampur baunya.
  • Simpan sayuran umbian kedalam suhu kamar.

Demikianlah cara memilih sayuran yang sehat dan tips menyimpan sayuran agar sayuran tetap sehat dan awet. Semoga brmanfaat dan salam sehat..