Manfaat Kunyit Asem Untuk Mengatasi Masalah Hepatitis










Manfaat Kunyit Asem Untuk Mengatasi Masalah Hepatitis - Selama ini kita selalu fokus kalau kunyit itu hanya sebagai bumbu masakan didapur saja, dan warna kuning kunyit juga bisa dipakai sebagai bahan pewarna alami. Dan sebagian masyarakat kita juga mempercayai bahwa kunyit juga bisa di gunakan sebagai minuman kesehatan. Lantas apakah betul kunyit ini bisa dimanfaatkan sebagaiminuman kesehatan atau tepatnya apakah kunyit ini bisa mengatasi masalah masalah kesehat  termasuk penyakit hepatitis.

Di beberapah daerah di Indonesia pernah dihebohkan oleh penyakit hepatitis A. Banyak diantara warganya banyak yang tertular oleh penyakit tersebut. Sehingga para pakar kesehatan berinisiatif untuk memberikan obat kepada warga yang terkena penyakit hepatitis ini dengan suatu ramuan dari kunyit yang sudah berbentuk kapsul.

Kurkumin yang terkandung didalam kunyit ini ternyata bisa membantu memperbaiki funngsi hati, hal ini dikuatkan oleh suatu penelitin di negara Austria. Para pakar disana sudah meneliti bahwa di dalam kunyit terkandung kurkumin yang bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hati.

Walaupun begitu pada penelitian tersebut bahwa kunyit tidak disebutkan bisa menyembuhkan penyakit hepatitis. Jadi bagi orang yang mempunya riwayat penyakit hepatitis harus tetap dalam pengawasan dokter, obat apa saja dan herbal apa saja yang diperbolehkan. Sehingga kita harus patuhi saran dari dokter agar penyakit hepatitis dapat diatasi. Akan tetapi apabila ingin tetap mengkonsumsi olahan kunyit demi kesembuhan penyakit hepatitis tetap harus mengikuti saran dari dokter ahli.

Berbagai langkah telah dilakukan agar penyakit hepatitis tidak menyebar secara luas, kita tidak bisa mengandalkan kunyit sebagai penangkal penyakit tersebut. Kita tetap harus mengikuti saran dari pakar kesehatan yaitu menerapkan pola hidup yang sehat.

Berikut ini adalah beberapa langkah agar kita terhindar dari penyakit hepatitis :


Pertama : Vaksinasi

Dengan melakukan vaksinasi hepatitis maka tubuh kita akan dapat menangkal penyakit tersebut. Vaksin ini dapat dilakukan ketika masih kanak kanak ataupun waktu sudah dewasa. Apalagi misalnya daerah kita sebagai endemik hepatitis maka mau tidak mau kita harus melakukan vaksin.


Baca juga : cara menurunkan berat badan dengan jalan kaki


Kedua : Jagalah Kebersihan

Tidak hanya untuk mencegah datangnya penyakit saja, kebersihan adalah kebiasaan yang harus kita lakukan demi terjaganya pola hidup yang sehat. Kebersihan bisa kita mulai dari diri sendiri, makanan dan minuman yang kita konsumsi, serta kebersihan di sekitar lingkungan kita.

Sebagai contoh setiap kali mau makan maka dibiasakan untuk selalu mencuci tangan, dan tempat makan harus selalu dalam keadaan bersih. Biasakan tidak memakai tempat makan secara berganti ganti dengan orang lain, apalagi dengan orang yang terpapar penyakit hepatitis. Karena salah satu media penularan hepatitis adalah lewat tempat makan dan minum, untuk itu sebisa mungkin hindari bergantian tempat makan dengan orang lain.


Ketiga : Selektif memilih makanan dan minuman

Tentunya dalam hal ini kita sangat di anjur untuk mengkonsumsi makanan dan sayuran serta minuman yang higenis. Jangan jajan atau makan ditempat sembarangan apalagi jika tempat tersebut kurang memadai kebersihanya.


Demikianlah apabila kita selalu mengikuti kiat kiat diatas maka kesehatan kita akan selalu terjaga dan kemungkinan terpapar penyakit hepatitis sangat kecil. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan salam sehat...


Postingan yang paling dicari :

  • tumbuhan pembunuh virus hepatitis b
  • cara membuat ramuan kunyit untuk liver
  • manfaat kunyit putih untuk hati