Manfaat Kacang tanah













Manfaat Kacang tanah - Sebagian besar bahkan semua orang didunia ini pasti tahu apa yang namanya kacang, kacang tanah memang sangat populer dikalangan masyarakat kita. Baik itu sebagai bumbu masakan seperti dibuat untuk dibuat  sebagai bumbu pecel, bisa dikonsumsi langsung baik dengan cara direbus, digoreng maupun di oven. Namun juga bisa membuat anda menjadi terganggu kesehatnnya bagi yang mempunyai riwayat alergi terhadap kacang tanah.

Dibalik rasa lezatnya apakah kacang tanah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seperti anggapan banyak orang. Kandungan didalam kacang, apapunitu jenisnya banyak mengandung protein nabati, adan anti oksidan yang tinggi. Didalam kandungan kacang apabila cara memasaknya dengan cara di sangraimaka kandungan anti oksidan akan cenderung naik. Jadi masaklah kacang dengan cara di sangrai.

Dengan mengkonsumsi kacang kita akan mendapatkan kandungan lemah jenuh yang berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol yang ada didalam tubuh kita. Maka konsumsilah kacang yang cara memasaknya di sangrai sebanyan setengah gelas sehari, shingga dengan begitu maka kolesterol yang ada dalam tubuh akan mengalami penurunan.


Baca juga : cara memilih sayuran yang sehat


Ternyata di dalam kacang tanah juga terdapat kandungan yang namanya niacin, kandungan inilah yang bisa menggantikan sel sel kita yang rusak, kandungan ini juga bisa mengatasi regerasi terhadap sel sel yang rusak dan bisa terhindar dari penyakit alzeimer atau penyakit degeneratif. 

Disamping mengandung lemak jenuh dan kandungan niacin, kacang tanah juga mengandung vitamin E sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Ada beberapa manfaat dari vitamin E tersebut yaitu sebagai pencegah kanker dan kardiovaskular. Dengan demikian jika kita mengkonsumsi kacang tanah secara rutin maka kita akan mendapatkan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh kita.

Disamping manfaat diatas yang baru kita bahas, menurut penelitian dari beberapa pakar ternyata kacang tanah mempunyai berbagai manfaat lain, diantaranya sebagai berikut :


Pertama : Dapat Mencegah Penuaan  

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah dengan adanya kandungan vitamin E nya, yang mampu membantu kesehatan kulit kita. Sehingga kulit tidak gampang keriput dan bahkan kulit akan selalu kelihatan seger. Belum lagi kandungan vitamin B nya yang mempunyai manfaat yang serupa.


Kedua : Menurunkan kadar gula dalam darah

Menurut pakar kesehatan kandungan serat dan mangan yang terdapat pada kacang tanah bisa membantu penurunan kadar gula darahkita. Dengan syarat cara memasaknya tentu dengan disangrai, tidak di goreng, dan tidak memakai bumbu lainya. Karena kalau dimasak selain disangrai maka kandungan kandungan didalam kacang tanah tersebut akan berkurang.


Ketiga : Mencegah terjadinya batu empedu

Manfaat kacang tanah yang tidak kalah pentingnya adalah dan mencegah terjadinya batu empedu dan disamping itu kacang tanah juga dapat membantu mencegah terinveksinya kantung empedu.


Baca juga : manfaat kunyit asem untuk mengatasi masalah hepatiti


Keempat : Dapat membantu mecegah kanker

Banyak mengkonsumsi kacang tanah secara rutin maka akan membantu kita untuk mencegah kanker. Karena didalam terdapat antioksian, berbagai vitamin yang sangat berguna bagi tubuh kiya.

Demikianlah sekiranya yang dapat disampaikan dan semoga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.