Sistem Pendidikan di Masa Penjajahan Jepang


Gambar : pixabay.com





Pendidikan di Indonesia Pada tahun 1942 Jepang_Pada Jepang resmi menguasai Indonesia pada tahun 1942 setelah pasukan Belanda menyerah. Pelatihan sebelumnya pada periode Jepang ini ditolak selama kolonialisme Belanda. Semua sekolah yang ada ditutup dan kemudian dibuka kembali pengenalan sistem baru di luar sistem pendidikan Belanda. Sistem pendidikan baru saat itu Kolonialisme Jepang ini seharusnya dibuat untuk menarik simpati rakyat Indonesia.

Sistem pendidikan pada masa kolonial Jepang dibagi menjadi beberapa bagian:


1. Sekolah Dasar

Sekolah dasar atau negeri digunakan sebagai bidang studi utama. Sekolah dasar memiliki sistem enam tahun dan sekolah ini terbuka untuk semua Rakyat Indonesia tanpa memandang status. Sistem ini membawa manfaat besar bagi oran orang Indonesia karena semua masyarakat terutama dari kalangan bawah dapat menerima pendidikan yang sama dengan kelas atas.



2. Pendidikan Lanjutan

Pendidikan berkelanjutan Pada masa penjajahan Jepang pendidikan berkelanjutan dilakukan selama 3 tahun. Pendidikan lanjutan atau yang sekarang kita kenal sebagai sekolah menengah Pertama (SMP) memberikan pelatihan Lanjutan untuk siswa yang menyelesaikan sekolah dasar.



3. Pendidikan Menengah

Apa yang sekarang dikenal sebagai pendidikan menengah atau sekolah (SMA) terjadi selama 3 tahun. Pendidikan menengah memberikan kesempatan pembelajaran yang lebih terarah berdasarkan hasil belajar untuk pendidikan tinggi.



4. Pendidikan Kejuruan

Pendidikan dan pelatihan kejuruan adalah pendidikan lanjutan di mana pelatihan lebih spesifik dan detailnya. Pendidikan ini mengedepankan keterampilan yang diperoleh siswa di masyarakat.



5. Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi Tingkat pendidikan tinggi tidak diberlakukan pada masa kolonial Jepang tetapi Itu digantikan oleh pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi yang dibuka oleh pemerintah Jepang adalah sekolah

Fakultas Kedokteran dan Sekolah Teknik Bandung. Selain penciptaan sistem pendidikan baru Indonesia Jepang juga mulai mencari simpati dari masyarakat Indonesia dengan memberikan pelatihan kepada guru-guru yang ada.

Materi pelatihan yang diberikan oleh Pemerintah Jepang adalah sebagai berikut:

  • Menumbuhkan ideologi Hakko Ichiu yang merupakan slogan persaudaraan yang diciptakan Jepang untuk kawasan Asia
  • Berorientasi Besar.
  • Pelatihan guru militer bergabung dengan semangat Jepang dalam pelatihan murid-muridnya.
  • Pelajaran bahasa Jepang dalam sejarah Jepang dan adat istiadat Jepang
  • Ambil bagian dalam acara olahraga Jepang dan kamu dapat menyanyikan lagu-lagu Jepang.


Pelatihan tersebut tidak hanya diikuti oleh guru yang telah menjalani pelatihan vokasi dan siswa yang telah menyelesaikan pendidikan dari pemerintah Jepang. Tutorial ini dirancang untuk membentuk disiplin siswa dan pasangan siswa.

Tugas yang harus dilakukan setiap hari di sekolah.


Tanggung jawab meliputi:

  • Dia bisa menyanyikan lagu nasional Jepang (Kimigato) setiap hari di pagi hari sambil mengibarkan himbe atau bendera Jepang juga menghadap kearah timur untuk menghormati Kaisar Jepang Tenno Haika.
  • Bersumpah setia (Dai Toa) pada cita-cita Asia Raya
  • Senam Jepang (Taiso) setiap pagi
  • Pendidikan jasmani tentara Jepang
  • Penggunaan bahasa pengantar dalam bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa Jepang.

Hal yang sama berlaku untuk pendidikan yang terjadi selama masa kolonial Jepang. Dan tentu saja sistem yang dibuat oleh pemerintah. Sejauh ini Jepang masih sedikit banyak diterapkan oleh pemerintah Indonesia.


Postingan yang paling dicari:

  • pendidikan pada masa penjajahan jepang pdf 
  • pendidikan pada masa jepang 
  • brainly nama sekolah pada masa jepang 
  • sebutkan sistem pendidikan pada masa pendudukan jepang 
  • pendidikan pada masa kolonial belanda dan jepang