Jenjang dan Kualitas Pendidikan di Pedesaan

Sebelum membahas jenjang pendidikan di pedesaan disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu pendidikan. Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 merupakan suatu karya sadar dan terencana untuk menciptakan lingkungan belajar dan proses belajar sehingga peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi diri.


Gambar:pixabay.com


Tujuan Pendidikan

Memiliki kekuatan spiritual religius kecerdasan kepribadian pengekangan diri kecerdasan karakter dan keterampilan mulia yang dibutuhkan bangsa dan negara dari masyarakat.


Fungsi Pendidikan

Fungsi pendidikan adalah untuk mengajarkan kehidupan bangsa dan untuk mengembangkan pribadi yang utuh. Artinya mereka yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia memiliki pengetahuan dan kesalehan kesehatan jasmani dan mental orang yang stabil dan mandiri serta rasa kebersamaan dan tanggung jawab nasional.


Tinkatan Pendidikan Pedesaan

Memang tingkat pendidikan di daerah tertentu ditentukan oleh bentuk wilayah atau desa. Jika bentuk wilayah meliputi pola atau organisme dan penampilan pemukiman yang bervariasi tergantung pada area.

Oleh karena itu bentuk desa sangat berpengaruh atau menentukan tingkat perkembangan pendidikan. Penampilan desa seringkali terkait erat dengan karakteristik sosial dan budaya yang dominan di wilayah tersebut. Oleh karena itu kebutuhan kritis tingkat pengetahuan dan tingkat teknis yang dimiliki oleh pede sering berperan dalam pembentukan dan definisi tata letak (ruang) kotamadya (Sugihen 1996).


Pentingnya memajukan pendidikan di pedesaan

Ada banyak anak di desa yang tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke universitas. Setelah lulus SD ayah saya langsung mendapat pekerjaan paruh waktu dengan saya. Selain itu SMK dan bapak-bapak yang lulus SMP dan SMA juga bekerja di gedung tersebut. Adapun gadis itu dia juga menikah langsung. Ini adalah pemandangan yang sering terlihat di desa tetapi masih dapat ditemukan. Karena masyarakat tidak memahami pentingnya pendidikan dalam kehidupan.


Seiring berjalannya waktu semakin banyak orang tua yang memahami pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka. Seperti di desa Pengkol Kaliori Rembang kebanyakan orang tua baru menyelesaikan sekolah dasar di mana kesadaran pendidikan anak-anak masih rendah. Masih banyak orang tua yang enggan menyekolahkan anaknya kuliah karena biayanya. Kebanyakan anak-anak pergi ke sekolah menengah sendirian di sini dan kemudian langsung bekerja. Ini hampir membaik di


Kesimpulan

Pendidikan merupakan bagian terpenting dari kehidupan manusia dalam sebuah bangsa dan negara. Tidak ada pengecualian di desa. Desa yang kurang beruntung cenderung memiliki tingkat pendidikan yang rendah dan desa maju penuh dengan orang-orang yang cerdas dan berpendidikan. Untuk itu pendidikan sangat penting untuk menopang kehidupan manusia khususnya di desa. Orang-orang terpelajar memiliki ide dan pengetahuan yang jauh lebih luas untuk mempromosikan desa mereka.