Manfaat Mandi Sebelum matahari Terbit atau Sebelum Subuh Untuk Kesehatan

Mungkin bagi sebagian orang mandi sebelum subuh adalah hal yang sangat membuat kita malas, disamping airnya yang dingin juga karena kebanyakan masih enak untu dibawa tidur. Tapi tahukah anda bahwa mandi sebelum subuh itu mempunya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.


Gambar : pixabay.com

Tujuan Mandi Sebelum Subuh

Jika kita mau melakukan sesuatu pasti kita mempunyai tujuan, baik itu untuk diri sendiri maupan untuk orang banyak. Akan tetapi mandi sebelum subuh bertjuan untuk membuat badan kita sendiri menjadi sehat dan bugar. Disamping itu juga dapat mencegah berbagai macam penyakit.


Manfaat Mandi sebelum Subuh

Di artikel kali ini adamin akan membahas berbagai manfaat mandi yang dilakukan sebelum subuh terutama bagi kesehatan badan kita. Siapa sih yang nggak mau mempunyai tubuh yang sehat, tentunya pasti akan mau semua. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika kita rutin melakukan mandi sebelum subuh :


1. Dapat membantu mengurangi resiko Hipertnsi

Tahukah anda bahwa hipertensi dapat mengakibatkan resiko stroke, maka dari itu rutinkanlah mandi sebelum subuh.

Ketika air yang dingin itu diguyurkan keseluruh tubuh kita maka akan tersa rileks badan kita. Air yang kita siramkan kebadan kita akan mengurai varises atau pengerasan pembuluh darah, sehingga oksigen dalam darah kita berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Sehingga kita tidak akan terkena hipertensi jika aliran darah dan oxigen didalam tubuh kita lancar.


2. Membantu mengurangi stres 

Stres adalah suatu kondisi yang dialami oleh badan kita karena banyaknya tekanan, sehingga dapat berpengaruh yang kurang baik pada pikiran kita.

Diketahui bahwa mandi sebelum fajar merangsang titik-titik biru di bagian otak. Bagian ini adalah sumber utama norepinefrin yang nantinya dapat secara kimiawi membantu mengurangi perasaan stres dan depresi.

Manfaat lain dari mandi sebelum fajar yang terkait dengan manajemen stres adalah bahwa tindakan ini dapat membantu merangsang pelepasan hormon endorfin.

Endorfin menangkal hormon stres dan menghasilkan zat serotonin yang dapat membantu meredakan perasaan stres dan depresi.


3. Menjaga kesehatan kulit

Mandi sebelum matahari terbit bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Diketahui bahwa mandi teratur sebelum matahari terbit membuat tubuh secara keseluruhan lebih segar. Selain itu juga dapat membuat kulit lebih halus dan sehat.

Mandi sebelum matahari terbit dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini dikarenakan air dingin yang digunakan untuk mandi saat sahur memiliki khasiat yang menenangkan dan menyegarkan untuk meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.


4. Menurunkan kadar gula darah

Mandi sebelum matahari terbit memiliki kemampuan untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Makan makanan manis sulit dihindari bahkan jika itu mengancam untuk menyebabkan diabetes. Selain diabetes makanan manis dapat meningkatkan risiko obesitas.

Oleh karena itu ada baiknya anda mengurangi asupan makanan manis mulai dari sekarang. Selain mengontrol asupan makanan penelitian menunjukkan bahwa mandi sebelum matahari terbit dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebihan dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya proses detoksifikasi yang membantu untuk kemudian menyeimbangkan kadar gula darah yang terjadi saat kamu mandi sebelum subuh.


Baca juga : ramuan herbal penurun berat badan secara cepat


5. Peningkatan kesuburan pria

Mandi sebelum matahari terbit dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Hal ini sangat penting bagi kamu yang masih muda.

Menurut sebuah penelitian oleh University of California mandi saat fajar selama seminggu dapat membantu meningkatkan produksi sperma pria secara signifikan.

Harus ditekankan bahwa untuk mendapatkan manfaat ini kamu perlu mandi dengan air dingin karena jika mandi pagi dilakukan dengan air panas efeknya justru sebaliknya.

Mandi sebelum fajar menggunakan air dingin juga dapat menyebabkan testosteron hormon pria yang bertanggung jawab untuk memproduksi libido.


6. Meningkatkan kreativitas

Mandi sebelum matahari terbit dapat merangsang kreativitas. Universitas Harvard telah mengungkapkan manfaat mandi pagi sebelum matahari terbit. Manfaat mandi pagi sebelum matahari terbit sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin bekerja keras dan melakukan yang terbaik sepanjang minggu.

Mengapa manfaat mandi pagi sebelum fajar dapat meningkatkan kreativitas? Ini karena beberapa orang membutuhkan apa yang disebut masa inkubasi. Proses ini dapat berlangsung di kamar mandi sebagai zona relaksasi yang hampir terlihat setelah kelas meditasi atau yoga. Tepatnya dari mana ide-ide terbaik berasal.


7. Dapat mengatasi jerawat pada wajah

Manfaat mandi pagi sebelum matahari terbit dapat mengatasi masalah wajah akibat jerawat. Mengapa ini berhasil? University of Pennsylvania mengatakan mandi sebelum matahari terbit adalah yang terbaik untuk orang-orang dengan wajah berminyak atau sensitif terhadap jerawat.

Mandi pagi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kamu yang sedang berjuang dengan wajah berminyak atau berjerawat. Holly Philips New York MD magang dan kontributor CBS News mengatakan bahwa mandi pagi sangat cocok untuk orang dengan kulit berminyak karena minyak dapat menumpuk semalaman dan membersihkan pori-pori.


Selain itu manfaat mandi dari pagi hari sebelum matahari terbit juga akan membantu mengurangi dan menghilangkan munculnya flek hitam dan lingkaran hitam di bagian bawah mata. Seseorang akan memiliki wajah yang lebih segar. Maka kuku akan lebih sehat dan tidak mudah patah.

Banyak manfaat lainya yang akan anda dapatkan jika anda secara rutin melakukan mandi sebelum subuh atau sebelum matahari terbit. Jadi lakukan kegiatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.