Cara Membuat Gigi Putih dan Sehat Secara Alami

Gambar : pixabay.com

Gigi yang putih dan bersih adalah suatu standar penting untuk kesehatan mulut dan gigi. Kebanyakan orang memilih untuk memiliki gigi yang putih dan bersih karena tampak lebih baik, dan itu juga membantu mereka merasa lebih percaya diri. 

Selain itu, gigi putih dan bersih juga memiliki beberapa manfaat kesehatan penting. Gigi yang putih dan bersih membantu melindungi dari penyakit periodontal dan karies gigi. Karies gigi adalah kondisi di mana lapisan enamel dari gigi tergelincir akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung gula atau makanan yang mengandung bakteri. Penyakit periodontal adalah penyakit yang ditandai dengan infeksi pada gusi dan tulang yang mendukung gigi. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat gigi mudah patah.

Gigi putih dan bersih juga dapat membantu mencegah bau mulut. Jika gigi tidak dibersihkan dengan benar, bakteri dapat tumbuh di antaranya dan menyebabkan bau mulut. Dengan membersihkan gigi secara teratur, bakteri tidak akan memiliki kesempatan untuk tumbuh dan menyebabkan bau mulut. Ada baiknya anda memanfaat bahan dibawah ini agar gigi anda putih dan bersih lagi sehat :


1. Bersihkan dengan Garam

Membersihkan gigi dengan garam adalah cara yang sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan garam dengan air, lalu gosokkan campuran tersebut ke gigi anda menggunakan sikat gigi. Biarkan campuran tersebut berada di mulut selama sekitar 5 hingga 10 menit, setelah itu bersihkan mulut dengan air sebelum melakukan pembersihan menggunakan sikat gigi berbasis pasta gigi.


2. Menggunakan Lemon

Membersihkan gigi dengan lemon adalah cara yang efektif untuk mengurangi plak dan mencegah gigi berlubang. Cara ini melibatkan menggosok gigi dengan campuran air jeruk lemon dan garam laut. Langkah-langkahnya adalah dengan mencampurkan air jeruk lemon dan garam laut hingga menjadi pasta, lalu menggosokkan pasta tersebut ke gigi dan gusi selama sekitar 2-3 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan bersihkan mulut dengan air biasa.


Baca juga : 


3. Siwak efektif membuat gigi putih dan bersih

Siwak adalah alat pelikat yang terbuat dari kayu angin dan telah digunakan sejak dulu oleh masyarakat Arab untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Siwak telah terbukti efektif dalam menghilangkan bakteri dan karang gigi dan memutihkan gigi secara alami. Siwak terkenal karena kemampuannya untuk menghilangkan plak dan mengurangi risiko karies gigi dan juga meningkatkan tingkat kebersihan mulut


4. Menggunakan kulit pisang

Kulit pisang berfungsi sebagai alat ramah lingkungan untuk memutihkan dan membersihkan gigi. Ditambah lagi, kulit pisang juga mengandung mineral yang membantu meningkatkan kesehatan gusi dan melindungi gigi Anda dari bakteri yang menyebabkan bau mulut, karies, dan resesi gingiva. Kulit pisang juga mengandung enzim yang membantu menghilangkan plak dan mengurangi pembentukan bakteri, membuatnya solusi alami yang efektif untuk perawatan gigi.


5. Menggosokan kulit jeruk

Menggosokan kulit jeruk secara teratur dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi risiko masalah karies. Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan serat yang bermanfaat bagi gigi, serta dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan karies. Selain itu, menggosokan kulit jeruk juga dapat meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.


6. Gunakan cuka apel

Cuka apel dapat membantu Anda menjaga keputihan dan kesehatan gigi. Cuka apel juga mengandung asam organik yang bermanfaat untuk mengurangi bakteri di mulut dan mengurangi plak pada gigi. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu memutihkan gigi anda dengan menghilangkan kotoran dan mengembalikan warna asli gigi Anda. 


Postingan yang paling dicari : 

  • cara bikin gigi putih seketika
  • cara gigi putih alami
  • cara memutihkan gigi dalam waktu 1 hari
  • cara membuat gigi putih dengan garam
  • cara memutihkan gigi permanen