Apa itu Gagal Jantung dan Bagaimana mengatasinya

 

Gambar : pixabay.com











Jantung adalah organ yang vital yang mendorong darah melalui tubuh, memasok nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa jantung yang berfungsi dengan baik, seluruh tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi dan oksigen. Namun, jantung juga dapat mengalami masalah yang dapat menyebabkan gagal jantung.

Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung tidak mampu memompa darah dengan efisien. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, atau gangguan struktur jantung. Penyakit jantung koroner adalah penyebab utama gagal jantung, yang terjadi ketika arteri yang memasok darah ke jantung menjadi tersumbat. 

Ini dapat menyebabkan kurangnya nutrisi dan oksigen ke jantung, yang menyebabkan jantung menjadi lemah dan tidak mampu memompa dengan efisien.


Hipertensi juga dapat menyebabkan gagal jantung karena tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan jantung bekerja keras untuk memompa darah melalui tubuh. Diabetes dapat
menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan jaringan jantung, yang dapat berdampak pada fungsi jantung. Gangguan struktur jantung seperti penyakit jantung kongenital juga dapat menyebabkan gagal jantung.

Selain itu, kurangnya olahraga, stres yang berlebihan, dan konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung. Konsumsi obat-obatan, seperti obat-obatan jantung dan obat-obatan pereda nyeri, juga dapat menyebabkan masalah jantung. Jika masalah jantung tidak diobati, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.

Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa anda lakukan ketika ada orang yang kena serangan jantung mendadak :


1. Jika Anda menemukan seseorang yang mengalami gagal jantung, pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan adalah pastikan bahwa kondisi sekitarnya aman dan jangan panik. Usahakan untuk menenangkan orang yang mengalami gagal jantung dan jangan mencoba untuk mengangkat atau memindahkannya.


Baca juga : makanan penyebab sakit kepala dan migren


2. Perawatan pertama yang harus dilakukan pada korban gagal jantung adalah dengan melakukan pemeriksaan kondisi korban, seperti deteksi denyut jantung, tekanan darah, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi korban tidak memburuk.


3. Jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi darurat, maka jangan ragu untuk meminta bantuan orang sekitar atau menghubungi layanan darurat. Jangan biarkan diri Anda sendiri dan pastikan untuk mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.


4. Orang yang mengalami serangan jantung harus diberi pertolongan pertama dengan segera. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memeriksa napas mereka. Ini penting untuk memastikan bahwa mereka masih dapat bernapas dengan normal dan mencegah kemungkinan komplikasi.


5. Untuk menangani seseorang yang terkena serangan jantung, lakukanlah CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) dengan cara menekan bagian tengah dada secara berkala dan teratur. Hal ini untuk menstimulasi jantung agar tetap berfungsi dan menghantarkan oksigen ke tubuh


6. Gunakan AED, AED (Automatic External Defibrillator) adalah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi aritmia jantung dan mengirimkan arus listrik yang dapat menormalkan ritme jantung pasien. AED dapat digunakan untuk petolongan serangan jantung, yang merupakan kondisi yang membutuhkan penanganan darurat. Penggunaan AED dapat meningkatkan tingkat pemulihan pasien dan menyelamatkan nyawa banyak orang.


7. Tetap lakukan CPR, dan menekan bagian dada tengan samapi tenaga medis datang.